Persatuan Golf Indonesia
Indonesia Golf Association

Home About PGI Latest News Ranking Tournament Photo Gallery Contact us
 
  Headline News Title Headline New
Tujuan PGI
National Ranking (PUTRA)
Order of Merit (PUTRA)
National Ranking (PUTRI)
Order of Merit (PUTRI)
Ranking by Province (PUTRA)
Ranking by Province (PUTRI)
Player List A-Z (PUTRA)
Player List A-Z (PUTRI)
FAQ
You are visitor #
 

 

 

 

 

FAQ
 

APA ITU IGAR (Indonesian Golf Amateur Ranking)?


Tujuan IGAR untuk apa?
IGAR adalah sistem rangking lokal untuk semua pemain amatir Indonesia (di Indonesia maupun di luar negeri) agar bisa melihat posisinya di bandingkan dengan pemain Indonesia yang lain. Nantinya sistem ini dapat digunakan sebagai salah satu kriteria untuk menentukan pemain yang dapat berpartisipasi dan di seleksi untuk turnamen turnamen “major” dan team event yang mereperesentasikan Indonesia di di ajang internasional.

Kriteria pertandingan utk bisa dapat status IGAR adalah:

  • Minimum 3 hari atau 54 holes.
  • Minimum 10 pemain.
  • Minimal jarak 5.500 meter bagi putra dan 5.000meter bagu putri
  • Bila ada turnamen yg terdiri dari beberapa kelompok dengan jarak berbeda, hanya pemain yang bermain di jarak paling panjak yang akan berhak mendapatkan IGAR sesuai aturannya.
  • Turnamen yang di akui dari governing body seperti. PGI, WAGR, dan Professional . Bila tidak maka harus mendapatkan persetujuan dari masing masing Pengprov PGI.

Cara pemain untuk mendapatkan IGAR dalah:

  • Pemain Indonesia yang bermain di dalam turnamen turnamen di Indonesia atau di luar negri. Bila turnamen bukan PB PGI Co-sanctioned, masing2 pemain di minta untuk menyerahkan laporan resmi dari committee dan ada bukti sah dari masing2 pengprov PGI. Turnamen yang memiliki status WAGR, pemain hanya perlu memberikan link atau email dari hasil turnamen tersebut.
  • Bersedia main di turnamen yang berstatus IGAR atau WAGR.

Bagaimana Cara Pemeringkatan IGAR?

  1. Bagaimana Cara Pemeringkatan IGAR?
  2. Harus ada Ranking Scratch Score (RSS). Caranya adalah
  3. RSS adalah nilai standard yang digunakan untuk konversi Counting Scores ke Stroke Play Ranking Points pemain. Cara menghitung RSS untuk Counting Round adalah menghitung nilai rata-rata dari 3 (tiga) putaran dengan skor terendah. Contoh: 3 (tiga) putaran dengan skor terendah adalah: 73, 74, 75 maka RSSnya adalah (73+74+75)/3.
  4. Catatan 1: Dalam beberapa pertandingan, RSS dihitung berdasarkan putaran bukan berdasarkan course.
  5. Catatan 2: Pecahan hasil perhitungan RSS dibulatkan ke angka/nilai terdekat.
  6. Berikut hitungan RSS di tipe pertandingan tersebut:


 

  1. Bila ada pertandingan nasional PGI atau internasional di Indonesia yg ada berapa grup (Grup A,B,C,D), hanya pemain di grup A (tee-box yg terjauh) yang akan dapat IGAR. Bila di grup tersebut kurang dari 10 pemain dan tidak ada di WAGR, maka otomatis RSS menjadi 74 buat putra dan 75 buat putri. Ini sebagi pengecualian .

Apa Stroke Play Ranking Points itu?

  1. Stroke Play Ranking Points adalah nilai kinerja yang diberikan untuk pemain pada setiap putaran.
  2. Dan setiap putaran pemain menerima Divisor, senilai 1 (satu).
  3. Nilai Stroke Play Ranking Points dihitung dengan menggunakan skala (perbandingan) dimana stroke play score pemain, pada setiap putaran, dikonversikan dengan Stroke Play Ranking Points seperti tabel di bawah ini:


     
  4. Syarat penghitungan nilai IGAR minimal 21 putaran harus dimainkan yang merefleksikan performansi keseluruhan pada periode tertentu.


Apa Bonus Stroke Play Ranking Points?

Bonus Stroke play Ranking Points terdiri dari:

  • Nilai bonus untuk posisi akhir
  • Nilai bonus untuk partisipasi (hanya untuk beberapa pertandingan profesional saja)
  • Nilai bonus bertahan hingga pertandingan terakhir dalam turnamen (final cut) (hanya untuk beberapa pertandingan profesional saja)

Bonus Ranking Points diberikan kepada pemain dalam stroke play Counting Events sesuai tabel dan ringkasan di bawah dan disesuaikan sbb:


Effektif tgl 1 September, 2016, tidak ada lagi “Bonus Point" untuk pertandingan yang kurang dari 10 pemain, tetapi tetap dapat Stroke Points sesuai dgn RSS.

Bagaimana penghitungan Divisor didapatkan?

  1. Divisor dihitung dengan menambahkan jumlah stroke play Counting Rounds dengan jumlah match play Counting Rounds.

  2. Nilai minimum divisor adalah 21 dan tidak ada nilai maksimum.

  3. Divisor hanya akan ditambahkan untuk setiap putaran yang dimainkan. Jika pemain tereliminasi (miss CUT) utk pertandingan ASIAN TOUR, selanjutnya tidak ada Divisor yang akan ditambahkan. Jika pemain mengundurkan diri atau didiskualifikasi, satu Divisor akan ditambahkan.

  4. Jika pemain tereliminasi (miss CUT) di pertandingan lain, pemain tdk dapat hitungan Divisor dan juga mendapatkan IGAR.

Cakupan Jangka Waktu
Sistem IGAR memberi peringkat para pegolf amatir Indonesia berdasarkan performansi rata-rata dalam pertandingan yang diperhitungkan (counting events) pada siklus yang bergulir selama 104 minggu sebelumnya. Bukan berdasarkan tahun kalender tertentu, IGAR menggabungkan 104 minggu terakhir.

Apakah penghitungan peringkat IGAR dititik beratkan pada permainan yang baru saja dilakukan ?
Tidak. Beberapa sistem peringkat melakukan penyesuaian bobot dititik beratkan pada permainan yang baru saja dilakukan, IGAR menghitung bobot pada setiap kinerja selama 104 minggu terakhir.

Seberapa sering peringkat IGAR diperbaharui ?
Peringkat IGAR diperbaharui setiap hari Jumat jam 12 pm WIB.

 

     

Official Partners

 
 

Copyright © 2012 Persatuan Golf Indonesia (PGI). All rights reserved