Persatuan Golf Indonesia
Indonesia Golf Association

 

Home About PGI Latest News Ranking Tournament Photo Gallery Contact us
 
  Headline News Title Headline New
Tujuan PGI
Latest News
Archive
 

 

 

 

 

Headline News Title Headline New

Pengalaman Berharga Bagi Elaine Widjaja & Kristina Natalia Yoko


Turnamen golf profesional wanita paling bergengsi se Asia-Pacific, Simone Asia-Pacific Cup 2023, kembali digelar pada 21-23 Desember di Pondok Indah Golf Course, Jakarta. Tercatat, terdapat 48 pegolf profesional dan 10 pegolf amatir dari 16 negara yang terdaftar untuk berkompetisi dalam turnamen ini. Beberapa nama tenar seperti Princess Mary Superal asal Filipina yang menjadi juara bertahan dari tahun sebelumnya, Jaravee Boonchant, Dayeon Lee, Min Byeol Kim, Nasa Hataoka, Gabriella Then, serta pegolf peringkat 9 dunia, Atthaya Thitikul.

Sebagai tuan rumah, Indonesia mengusung empat pegolf profesional yaitu, Putri Aisyah Amani, Patricia Sinolungan, Ida Ayu Indira Melati Putri, Inez Wanamarta. Disusul dengan dua pegolf amatir Indonesia yang diwakili oleh Kristina Natalia Yoko dan Elaine Widjaja.

Dari enam wakil Indonesia yang bertanding selama empat hari di turnamen berhadiah total senilai US$ 750 ribu atau Rp 11,25 miliar rupiah, dua pegolf amatir, Elaine dan Yoko, tampil membanggakan. Yoko, yang tampil di Simone Cup untuk kali kedua mampu memberikan penampilan terbaik.

Pada hari pertama, Yoko mampu menuntaskan pertandingan dengan penuh perjuangan. Pasalnya, dalam 18 hole pertama, Yoko hanya mampu meraih tiga birdie, bahkan empat bogey dan satu double bogey di hole ke-7 dicatatkan pegolf binaan Pengprov PGI DKI Jakarta ini.

Tak ingin mengulang kesalahan, Yoko mampu memperbaiki penampilan dengan mencatatkan skor 73 pukulan atau 1 di atas par di hari kedua. Tekanan yang sangat besar dirasakan Yoko menuju babak final Simone Asia-Pacific Cup 2023. Putting masih menjadi permasalahan yang dialami oleh Yoko, sehingga dirinya pun harus menyudahi pertandingan dengan skor 78 pukulan. Dengan hasil tersebut, Yoko berhak menduduki posisi ke-41 dengan total skor 227 pukulan atau 11 di atas par.

“Untuk permainan di hari terakhir banyak miss putt, Cuma untuk di pukulan long game akurasinya kurang bagus. Banyak kesalahan yang tidak perlu, tetapi aku masih terus berusaha hingga hole terakhir” – ujar Kristina Natalia Yoko.

Meski begitu, pengalaman luar biasa selama bermain di Simone Asia-Pacific Cup 2023 sangat disyukuri oleh Kristina Natalia Yoko.

“Ini kan pengalaman main di Simone Asia-Pacific Cup 2023 yang kedua, saya sangat bersyukur bisa membela Merah Putih lagi. Ini menjadi turnamen yang terakhir di tahun ini, aku mulai tahun depan akan mengikuti ajang Kejuaraan Nasional (Kejurnas),Women’s Amateur Asia-Pacific (WAAP), dan PON 2024.

Setali tiga uang dengan Yoko, Elaine Widjaja juga sukses tampil membanggakan pada debut di Simone Asia-Pacific Cup 2023. Berstatus sebagai Rookie di turnamen ini, tidak membuat mental bertanding Elaine menurun. Justru, hal ini yang membuat Elaine semakin termotivasi untuk memberikan bukti nyata dengan hasil memuaskan.

Benar saja, dalam tiga hari penyelenggaraan turnamen, atlet binaan Pengprov PGI Jawa Tengah ini berhasil mencatatkan skor total 222 pukulan atau enam di atas par. Pencapaian ini membuat Elaine berhak menduduki posisi T31 bersama pegolf amatir asal Singapura, Aloysa Atienza. Hasil ini menjadi yang terbaik bagi kontingen Indonesia di ajang Simone Asia-Pacific Cup 2023.

“Tadi sudah lumayan bagus di hari terakhir mendapatkan skor under dan beberapa birdie, cuma last three hole ada banyak kesalahan yang membuat skor menjadi over dua”-ujar Elaine Widjaja.

Tampil perdana di turnamen bergengsi se Asia-Pacific membuat sangat bangga bisa membela panji Merah Putih. Dia pun berharap apa yang didapatkan selama tiga hari turnamen dapat memotivasinya untuk makin lebih baik di masa mendatang.

“Senenglah bisa bawa nama Indonesia, pressure juga ada karena bawa nama Indonesia. Cuma ada beberapa hal positif yang bisa saya terima yakni persiapan rutin dari para pegolf profesional terkenal, latihan, mental bermain mereka, itu sangat membantu aku banget”- tambah Elaine Widjaja.

Sementara itu, pegolf profesional asal Thailand, Atthaya Thithikul, berhasil menjuarai Simone Asia-Pacific Cup 2023. Pada putaran terakhir, Sabtu, Atthaya mencatatkan 69 pukulan atau tiga under, untuk membuat ia menyelesaikan ketiga putaran turnamen tersebut dengan total koleksi 202 pukulan atau 14 under. Ia mengoleksi lima birdie pada putaran terakhir, yakni pada hole 4, 6, 9, 10, dan 11, serta hanya melakukan dua bogey, yakni pada hole 5 dan 16. Atthaya merasa sangat bersyukur dengan penampilan bagusnya di ajang Simone APAC 2023, terutama setelah ia sempat tampil kurang meyakinkan pada pertengahan musim.

“Ini semua sangat berarti, terlepas dari apakah turnamen ini merupakan kategori perorangan atau beregu, khususnya ajang ini. Dan sejak awal, saya tidak memiliki ekspektasi apa-apa terhadapnya,” kata Atthaya pada konferensi pers setelah upacara pemberian trofi.


 


 

 
Other News Collection
Menpora Resmi Membuka Kejurnas Golf Amatir 2024
Amadeus dan Milani Percaya Diri Hadapi Kejurnas 2024
Pengalaman Berharga Bagi Elaine Widjaja & Kristina Natalia Yoko
Seminar R&A Tournament Administrators & Referees Seminar (TARS) level 3
Indonesia Kirim Wakil Ke Asia-Pacific Senior Amateur Championship di Vietnam
Enam Pegolf Wakili Indonesia di Simone Asia Pacific Cup 2023
Indonesia Jadi Juara Umum Di MEDCO Pondok Indah International Junior Golf 2023
Banyak Kejutan di Liga Golf Jakarta 2023
Berita lainya >>>
 
Contact us

Persatuan Golf Indonesia
Indonesia Golf Association
Pondok Indah Golf, Golf Gallery Building 2nd Floor
Jl. Metro Pondok Indah
Jakarta 12310
Indonesia

Phone :  (62-21) 7590-8206
Fax :  (62-21) 2920-8534
Email :  info@pbpgi.org or pgi.sekretariat@gmail.com 
Website :  www.pbpgi.org

 

 

     

 
 

Copyright © 2012 Persatuan Golf Indonesia (PGI). All rights reserved