Persatuan Golf Indonesia
Indonesia Golf Association

 

Home About PGI Latest News Ranking Tournament Photo Gallery Contact us
 
  Headline News Title Headline New
Tujuan PGI
Latest News
Archive
 

 

 

 

 

Headline News Title Headline New

Peraturan Golf
4 Perubahan Yang Paling Mendasar Dalam Peraturan Golf Edisi 2016

Tahun 2016 memasuki tahun baru perubahan peraturan golf. Sebagaimana yang kita ketahui peraturan dasar golf berlaku selama 4 tahun.
Terdapat cukup banyak perubahan-perubahan dalam peraturan 2016, yang tentunya tidak bisa dibahas semuanya dalam tulisan ini. Namun ada beberapa perubahan yang menjadi perhatian secara khusus karena perubahannya yang cukup mendasar.

Berikut adalah 4 perubahan yang cukup mendasar:

Penghapusan Peraturan Bola Bergerak Setelah Adres.
Peraturan 18-2b (Bola Bergerak Setelah Adres) dihapus atau tidak berlaku lagi. Ini berarti apabila sebuah bola diam bergerak setelah pemain mengadresnya, pemain tidak lagi secara otomatis dianggap menyebabkan bola tersebut bergerak. 1 pukulan penalti berdasarkan Per 18-2 akan diberlakukan hanya bila fakta2 membuktikan pemainlah yang menyebabkan bola tersebut bergerak.

Peraturan ini mengalami beberapa proses perubahan dari putaran2 peraturan sebelumnya, hingga akhirnya Badan Peraturan Gabungan (R&A dan USGA) memutuskan untuk sepenuhnya menghapus peraturan ini di tahun 2016.

Pengecualian Atas Pembatasan Penalti Diskualifikasi Untuk Pengembalian Kartu Skor Salah.
Pengecualian baru diperkenalkan pada Per 6-6d (Skor Salah Untuk Hole) dimana pemain tidak lagi didiskualifikasi bila mengembalikan kartu skor dengan skor lebih rendah pada sebuah hole daripada skor yang sebenarnya ia peroleh.

Pengecualian ini hanya berlaku bila, skor salah tersebut dikarenakan pemain tidak memasukkan pukulan penalti yang “tidak diketahuinya” harus dikenai padanya sebelum mengembalikan kartu skornya.

Dalam kondisi ini, pemain dikenai penalti berdasarkan Peraturan yang dilanggar serta harus menambahkan 2 pukulan penalti atas kesalahan kartu skor.
Catatan:

  1. Untuk kasus lainnya dimana pemain mengembalikan skor lebih rendah daripada yang sebenarnya dibuat, penaltinya tetap sama yaitu Diskualifikasi.

  2. Pengecualian ini tidak berlaku untuk pelanggaran peraturan dimana penaltinya adalah Diskualifikasi.

Modifikasi Penalti Untuk Pelanggaran Pertama Penggunaan Alat Bantu Khusus dan Perlengkapan Yang Tidak Lazim.
Sebelum tahun 2016, pelanggaran atas Peraturan 14-3 (Alat Bantu Khusus, Perlengkapan Tidak Lazim dan Penggunaan Perlengkapan Secara Abnormal) selama ronde berlangsung adalah Diskualifikasi.

Mulai tahun 2016, penalti untuk pelanggaran pertama atas Peraturan 14-3 dikurangi dari Diskualifikasi menjadi Kalah Hole dalam Match Play atau 2 Pukulan Penalti dalam Stroke Play. Penalti untuk pelanggaran berikutnya atas Per 14-3 tetap sama yaitu Diskualifikasi.

Yang dimaksud sebagai pelanggaran pertama adalah penggunaan maupun rangkaian penggunaan pertama kali dalam ronde hingga pukulan terjadi.

Larangan Menjangkarkan Klab Saat Melakukan Ayunan.
Sebagaimana telah diumumkan pada May 2013, Peraturan baru 14-1b (Menjangkarkan Klab) diberlakukan pada tahun 2016.

Peraturan 14-1b ini melarang pemain menjangkarkan klab di bagian tubuhnya dalam melakukan ayunan untuk sebuah pukulan, baik secara “langsung” maupun dengan menggunakan “titik jangkar”. Penalti atas pelanggaran peraturan ini adalah Kalah Hole dalam Match Play atau 2 Pukulan Penalti dalam Stroke Play.

Penjelasan atas istilah diatas, sbb:

  1. Secara Langsung. Ketika pemain dengan sengaja menahan klab atau melalui tangan yang mencengkram di bagian mana pun dari tubuhnya, kecuali bahwa pemain boleh memegang klab atau tangan yang mencengkram pada lengan bawah.
     

  2. Menggunakan Titik Jangkar. Titik jangkar terjadi bila 2 kondisi berikut terpenuhi; (1) Pemain dengan sengaja menahan lengan bawah pada tubuhnya, dan (2) Pemain mencengkram klab dimana kedua tangan terpisah dan bekerja secara independen satu terhadap lainnya.

Bidang Peraturan - PBPGI
 

 
Other Latest News
Tuan Rumah, Indonesia Incar Podium
2017 South East Asian Amateur Team Golf Championship
Timnas Golf Raih Perak dan Perunggu
SEA Games XXIX
Gagal di Individu, Timnas Incar Medali Beregu
SEA Games XXIX
Pegolf Thailand Dominasi Hari Pertama SEA Games
SEA Games XXIX
Golf Mohon Dukungan Doa Masyarakat
Pembekalan dan Pelepasan Timnas Golf ke SEA Games XXIX Timnas
Tatiana Ikut Turnamen Amatir Paling Bergengsi Dunia
Naarajie Siap Tampir di Junior Presidents Cup
Gurbani Singh Ulang Kesuksesan Menjadi Juara
33rd Indonesia Ladies Amateur Open
Carl Jano dan Taglao Juara
Ciputra World Junior Golf Championship 2017
     

Official Partners

 
 

Copyright © 2012 Persatuan Golf Indonesia (PGI). All rights reserved