Persatuan Golf Indonesia
Indonesia Golf Association

 

Home About PGI Latest News Ranking Tournament Photo Gallery Contact us
 
  Headline News Title Headline New
Tujuan PGI
Latest News
Archive
 

 

 

 

 

Headline News Title Headline New

PB PGI Aktif Dukung Pembinaan Daerah


PB PGI terus aktif menjalankan program pembinaan dan kegiatan ke daerah-daerah. Selama bulan April 2016, bidang pembinaan telah melakukan National Development Program ke Jawa Timur (Surabaya) pada 8-10 April dan Sumatera Utara (Medan) pada 15-17 April. Selanjutnya, PB PGI akan datang ke Papua (Timika) pada 19-23 Mei mendatang.

“Kami sudah menginformasikan kegiatan ini kepada seluruh provinsi,sedangkan jadwal kunjungan disesuaikan dengan permintaan dari masing-masing daerah. Kami harap semua daerah dapat pro aktif menanggapi program ini,” kata Dading Soetarso, Bidang Pembinaan PB PGI.

Dalam setiap kunjungan tersebut, Dading didampingi oleh Peter Bailey, salah satu pelatih asing dari Inggris yang direkrut oleh Ketua Umum PB PGI Moerdaya Po untuk mendukung program pembinaan golf Indonesia.

“Tujuan kami adalah mengarahkan para atlet agar bisa berkompetisi ke taraf internasional. Kunjungan kami ke daerah-daerah adalah untuk membuat mereka paham bahwa setiap atlet mempunyai kebutuhan yang berbeda, sehingga penanganan ke setiap atlet juga harus disesuaikan,” jelas Dading yang juga menjabat sebagai High Performance Director Satlak Prima.

Dari kunjungan ke dua daerah, Dading merasa gembira karena mereka memiliki banyak atlet berpotensi. Masing-masing daerah juga memiliki kondisi yang berbeda. Di Jawa Timur,terlihat peran para orang tua atlet sangat besar. Sementara di Sumatera Utara, Pengprov setempat sangat aktif memberikan dukungan. Ketua Umum Pengprov PGI Sumut Ichsan Batubara menyediakan fasilitas dan membuat banyak program yang memadai untuk membina para atletnya.

“Tapi pada akhirnya keberhasilan akan ditentukan oleh atlet itu sendiri, pelatih, dan juga para orang tua,” kata Dading.

Kedatangan Dading dan Peter Bailey diharapkan dapat merubah mindset mereka dalam membuat program pembinaan yang lebih tepat. Salah satu contoh, sebaiknya anak-anak tidak perlu early specialization, yaitu hanya main golf saja di usia dini. Malah sebaiknya anak-anak juga bermain olah raga lain seperti sepak bola, bola basket, atau bulu tangkis. Itu akan membantu meningkatkan motor skills mereka untuk main golf.

Pendidikan di sekolah formal mempunyai manfaat besar untuk kesuksesan sang anak dimana mereka juga perlu bersosialisasi dan melakukan multi tasking. Teori 10 ribu jam atau memukul 500 bola per hari tidak menjamin dapat membuat seorang pemain menjadi juara.

Golf merupakan olahraga yang unik dibandingkan dengan jenis olahraga lainnya. Olahraga ini tidak dibatasi oleh umur dan prosesnya cukup panjang.

Dalam pembinaan workshop tersebut juga dijelaskan bahwa mulai tahun ini PB PGI akan menerapkan Indonesia Golf Amateur Ranking (IGAR). Sistem rangking ini menerapkan sistem yang sama dengan sistem perhitungan World Amateur Golf Rangking (WAGR), dimana sistemnya lebih memperhitungkan kualitas, bukan pada kuantitas. Performance dan hasil yang bagus lebih diutamakan dibandingkan dengan banyaknya jumlah turnamen yang diikuti.

PB PGI menargetkan minimal ada 40 anak Indonesia yang masuk ranking WAGR pada tahun 2018. Dengan demikian, saat menjadi tuan rumah Asian Games 2018, Indonesia memiliki atlet-atlet berkualitas dan dapat merebut medali di ajang bergengsi itu.

“Thailand saat ini punya 40 pemain di WAGR, Malaysia 25, dan Singapura 21. Target kita 40 pemain. Tahun 2018 Insya Allah ada pemain Indonesia yang bisa menembus top 300. Dengan demikian peluangnya akan lebih bagus supaya kita dapat masuk kedalam contention untuk menang. Kita melakukan quantum leap untuk 2018. Yang terpenting PB PGI akan membangun landasan yang kuat dengan program dan struktur yang jelas serta setaraf internasional. Selanjutnya kami berharap pemain dan orang tua dapat memilih jalur/pathway masing-masing yang optimal dan sesuai dengan kebutuhan mereka ,” jelas Dading.

Download artikel oleh Peter Bayle : Environments, Opportunities, & Support


 

 
Other Latest News
Tuan Rumah, Indonesia Incar Podium
2017 South East Asian Amateur Team Golf Championship
Timnas Golf Raih Perak dan Perunggu
SEA Games XXIX
Gagal di Individu, Timnas Incar Medali Beregu
SEA Games XXIX
Pegolf Thailand Dominasi Hari Pertama SEA Games
SEA Games XXIX
Golf Mohon Dukungan Doa Masyarakat
Pembekalan dan Pelepasan Timnas Golf ke SEA Games XXIX Timnas
Tatiana Ikut Turnamen Amatir Paling Bergengsi Dunia
Naarajie Siap Tampir di Junior Presidents Cup
Gurbani Singh Ulang Kesuksesan Menjadi Juara
33rd Indonesia Ladies Amateur Open
Carl Jano dan Taglao Juara
Ciputra World Junior Golf Championship 2017
     

Official Partners

 
 

Copyright © 2012 Persatuan Golf Indonesia (PGI). All rights reserved