Persatuan Golf Indonesia
Indonesia Golf Association

 

Home About PGI Latest News Ranking Tournament Photo Gallery Contact us
 
  Headline News Title Headline New
Tujuan PGI
Latest News
Archive
 

 

 

 

 

Headline News Title Headline New

FADHLI DAN INEZ, JUARA NASIONAL 2016

TANGERANG, 29 Juli - Fadhli Rahman Soetarso menutup putaran akhir Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Golf Amatir Indonesia 2016 dengan skor meyakinkan. Selain merengkuh gelar juara nasional 2016, mahasiswa University of Kentucky, AS, ini tidak pernah membukukan skor di atas par. Tidak mengherankan jika raihan gelar nasional terasa lengkap bagi pemuda berusia 21 tahun.

Meski hanya bermain dengan skor even par (72), itu sudah cukup mengantarkan Fadhli ke tangga juara dengan skor total 281 (7 di bawah par). “Ini sudah mendekati target saya, yaitu under (di bawah par),” kata Fadhli yang mengaku hanya mengikuti 3 turnamen usai bertanding di SEA Games 2015.

Fadhli memenangi turnamen dengan keunggulan tiga pukulan dari Adrian Halimi yang menyelesaikan putaran akhir dengan skor 70 (2 di bawah par), dan total 284 (4 di bawah par). Namun, memulai hari keempat dengan keunggulan lima pukulan, Fadhli sempat mendapat perlawanan sengit dari Adrian yang sama-sama bermain satu grup selama 18 hole.

“Adrian bermain cukup bagus khususnya di sembilan hole kedua. Saya tahu apa yang dilakukannya. Ia harus mengejar selisih skor. Karena itu, saya berusaha menjaga ritme permainan agar tidak terpengaruh. Kami sudah paham dengan permainan masing-masing. Ia adalah pegolf anutan saya. Saya dan Adrian sering berlatih bersama di Jagorawi Golf. Ia sering membantu saya ketika berlatih bareng,” ujar Fadhli. “Saya terbantu dengan short game termasuk puttingnya.”

Posisi ketiga diisi Clement Kurniawan dan Elki Kow yang sama-sama mengumpulkan skor 286 (2 di bawah par). Almay Rayhan Yaquta menduduki posisi kelima.

Sementara itu, untuk kategori putri, Inez Beatrice Wanamarta justru tampil luar biasa di hari terakhir. Atlet PON Jawa Timur ini membukukan 5 di bawah par (67), satu-satunya skor terendah untuk nomor individu putri selama 4 hari turnamen. Hasil ini membuat Inez meninggalkan jauh pesaing terdekatnya, Ida Ayu Indira Melati, yang sempat menempelnya di hari ketiga. Inez menduduki posisi puncak dengan skor total 287 (1 di bawah par), sedangkan Ida yang hanya bermain dengan skor 73 (satu di atas par) di hari keempat dengan skor total 293 (5 di atas par).

“Rasanya benar-benar luar biasa. Sebelum main, saya melewati trofi yang terpampang di panggung. Sempat terpikir, “Saya ingin memenangi trofi itu.” Namun, hari ini titik balik kemenangan saya adalah di Sembilan hole kedua. Usai birdie di hole 10, saya seperti mendapat momentum. Lalu, 14 dan 16, momentum itu makin meningkat. Namun, saya terus berulang-ulang berucap dalam hati, “Jangan buat kerusakan.” Dan hasilnya sangat menggembirakan,” kata Inez.

Di nomor beregu, DKI Jakarta pun menambah gelar dengan menyabet gelar beregu putra melalui Tim DKI I yang beranggotakan Clement Kurniawan, Elki Kow, dan M. Rifqi Alam Ramadhan dengan perolehan total skor 571. Posisi kedua ditempati tim Banten yang diisi Seandy Alfaraby dan Adrian Halimi dengan skor 574. Lalu, posisi ketiga direbut Tim DKI II yang diperkuat Cahyo Adhitomo, Stevanus Daniel Wirawan, dan Almay Rayhan Yaquta dengan 579.

Di beregu putri, giliran tim Jatim yang menambah koleksi gelar. Trio Inez Beatrice, Nanda Winnet Soraya, dan Tiana Ivanka Porwanto dengan skor 595. Tim Jabar meraih posisi kedua melalui Patricia Sinolungan dan Gianti Mahardhika dengan skor total 600. Sedangkan, Tim Riau (Sindy Fidelia dan Valdisa Andov) berada di posisi ketiga dengan skor 630.

Nomor beregu putra diikuti sembilan tim dari lima provinsi: DKI, Banten, Riau, Jatim, Kepulauan Riau, dan Papua. Tim Banten mengirimkan tiga tim sekaligus, Tim DKI 2, dan provinsi-provinsi lain hanya 1 tim. Untuk beregu putri, empat provinsi, Jatim, Jabar, Riau, dan Banten, mengirimkan masing-masing 1 tim.

Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Golf Amatir Indonesia 2016 yang digelar Persatuan Golf Indonesia (PGI) ini berlangsung hingga 29 Juli 2016. Menggunakan format gross stroke play, para peserta bermain selama 4 round (72 hole). Kejurnas Golf Amatir Indonesia 2016 ini merupakan puncak kompetisi yang diikuti para atlet dari berbagai daerah. Mereka ini merupakan pegolf-pegolf andalan yang telah teruji dalam kompetisi di masing-masing daerah. Karena itu, Kejurnas ini menentukan siapa-siapa juara nasional setiap tahunnya, dan daftar peringkat golf nasional untuk putra dan putri. Selain itu, pemain-pemain terbaik dalam Kejurnas Golf Amatir ini akan diproyeksikan untuk kerangka tim nasional.
 

 
Other Latest News
Tuan Rumah, Indonesia Incar Podium
2017 South East Asian Amateur Team Golf Championship
Timnas Golf Raih Perak dan Perunggu
SEA Games XXIX
Gagal di Individu, Timnas Incar Medali Beregu
SEA Games XXIX
Pegolf Thailand Dominasi Hari Pertama SEA Games
SEA Games XXIX
Golf Mohon Dukungan Doa Masyarakat
Pembekalan dan Pelepasan Timnas Golf ke SEA Games XXIX Timnas
Tatiana Ikut Turnamen Amatir Paling Bergengsi Dunia
Naarajie Siap Tampir di Junior Presidents Cup
Gurbani Singh Ulang Kesuksesan Menjadi Juara
33rd Indonesia Ladies Amateur Open
Carl Jano dan Taglao Juara
Ciputra World Junior Golf Championship 2017
     

Official Partners

 
 

Copyright © 2012 Persatuan Golf Indonesia (PGI). All rights reserved